Sosialisasi Penguatan 18 Nilai Pendidikam Karakter Bangsa, Tingkatkan Empati pada Siswa MTsN 5 Banyuwangi
Cluring (Humas) – MTsN 5 Banyuwangi mengadakan sosialisasi Penguatan 18 Nilai Pendidikan Karakter Bangsa pada seluruh siswa, Kamis(26/10/2023) sebagai dukungan terhadap program Madrasah Ramah Anak. Sosialisasi dilaksanakan dengan tiga tahap. Diawali, peserta didik kelas IX tahap pertama, tahap kedua kelas VIII, tahap ketiga atau terakhir kelas VII.
Bullying dikenal sebagai “penindasan” merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus.
Sementara itu, akibat yang ditimbulkan akibat bullying perlu diwaspadai karena memengaruhi kesehatan mental korban maupun pelaku, seperti memicu timbulnya gangguan emosi, masalah mental, gangguan tidur, penurunan prestasi, dan lain sebagainya.
Dengan maraknya bullying di sekolah/madrasah dan di kalangan antar pelajar, maka untuk mengantisipasi menjalarnya hal tersebut MTsN 5 Banyuwangi mengadakan sosialisasi dengan penanaman 18 Nilai Pendidikan Karakter Bangsa pada peserta didik.
“Ramah anak sudah banyak diberlakukan di semua madrasah. Dan perundungan dilarang apalagi bullying antar sesama teman. Diharapkan seluruh peserta didik tidak mengadakan bullying dan bisa memperbaiki akhlak yang kurang baik menjadi anak yang punya adab, sopan, santun, baik dalam perkataan dan perbuatan karena siswa madrasah adalah siswa yang bermartabat dan berprestasi., “urai Umi Hanik kepala madrasah panjang lebar disela-sela pidatonya.
Ia menambahkan untuk mengubah sifat yang buruk yang mengarah pada tindakan perundungan terhadap sesama teman terutama ucapan yang menyakitkan teman yang mengakibatkan beban mental. Dan mengajak siswa untuk tidak melakukan bullying karena dilarang agama.
Sosialisasi dipandu oleh waka kesiswaan, pembina OSIM , guru PAI dan BK.
Harapannya, setelah diadakan sosialisasi ini peserta didik mengimplementasikan nilai-nilai karakter, seperti bijaksana dalam memilih mana yang baik mana yang buruk, adil, pantang menyerah, kontrol terhadap diri sendiri, menyayangi, memunculkan sikap yang positif, kerja keras, memiliki integritas diri yang kuat, bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini.
Disamping itu, diharapkan muncul nilai-nilai karakter peserta didik dimulai dari religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab.(NI)